Thursday, June 5, 2014

contoh pidato perpisahan KKN



Dari beberapa contoh pidato perpisahan KKN yang banyak terdapat di internet, contoh-contoh tersebut melupakan pentingnya memasukkan unsur bahasa daerah setempat ke dalam teks pidato. Padahal ini sangat penting sekali sebagai sebuah bentuk penghormatan kepada masyarakat setempat. Berikut ini contoh pidato yang dapat anda jadikan referensi sebelum menyusun teks pidato sendiri :

Pidato Perpisahan KKN
Assalamualaikum wr. wb.

yang terhormat kepala desa Bring Harjo berserta seluruh stafnya
yang saya hormati seluruh warga masyarakat dan sesepuh Desa Bring Harjo
sugeng ndalu kulo aturaken dening sedoyo warga Desa Bring Harjo Kecamatan Bringin Kabupaten Segoro

Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur puji syukur kepada Allah SWT karena atas rahmatnya, kita semua bisa hadir di sini dalam acara perpisahan KKN antara mahasiswa Universitas Negeri Semarang dengan seluruh warga Desa Bring Harjo.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak Kepala Desa yang telah memberikan ijin kepada kami untuk melaksanakan KKN di daerah ini dan terima kasih juga atas bimbingan dan arahannya selama kami berada di sini.

Kemudian, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Bring Harjo yang telah menerima kami dengan begitu ramah dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah kami susun, matur nuwun sanget.

Pada hari ini tepat empat puluh lima hari kami melaksanakan kuliah kerja nyata di Desa Bring Harjo dan kami sudah seperti berada di rumah sendiri. Masyarakat Desa Bring Harjo memberikan kesan yang sangat mendalam kepada seluruh peserta KKN dari Universitas Negeri Semarang, mulai dari keramahannya, kekeluargaannya, gotong royongnya dan sikapnya dalam menjaga alam. Hal tersebut sudah sangat jarang ditemui di daerah kami, semoga hal positif tersebut dapat kami bawa dari Desa Bring Harjo ke tempat tinggal kami masing-masing.

Sedoyo warga masyarakat Bring Harjo, perlu diketahui bahwa tujuan kami mengadakan kuliah kerja nyata di sini adalah untuk memberikan beberapa pendampingan terkait dengan kesadaran akan kebersihan, kesadaran akan hukum, pelatihan kerja dan pelatihan pengelolaan limbah rumah tangga. Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai kegiatan telah kami selenggarakan, seperti kegiatan pelatihan membuat membuat roti, penyuluhan mandi dua kali sehari, penyuluhan pentingnya cuci tangan setelah buang air besar, pelatihan pembuatan pupuk kompos dan penyuluhan undang-undang nomor 17 tahun 1975 tentang perkawinan.
Diharapkan nantinya kondisi masyarakat Desa Bring Harjo yang sudah sangat baik bisa lebih baik lagi ke depannya. Muncul banyak industri pembuatan roti dan pembuatan pupuk kompos di desa ini, sehingga kegiatan ekonomi bisa lebih bergeliat lagi. Kemudian, warga masyarakat Desa Bring Harjo diharapkan bisa lebih sehat lagi karena sudah mengetahui pentingnya cuci tangan dan mandi dua kali sehari. Selanjutnya, bapak ibu semua mengetahui hak dan kewajibannya, mengetahui syarat-syarat perkawinan sesuai dengan undang-undang, sehingga tidak ada lagi perkawinan di bawah tangan.

Kami tunggu perkembangan dan kabar baik dari desa ini. Akhir kata, saya selalu perwakilan dari seluruh anggota KKN meminta maaf apabila ada perbuatan kami selama ini yang kurang berkenan di hati bapak ibu semua.

Matur nuwun, wasallamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment